LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) PT. ARISTON KUPANG OPTIMA JLN GEREJA MORIA RT 25 RW 06 KEL. LILIBA KUPANG NTT 2019


PEMERINTAH PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN SMK NEGERI 2 SABU BARAT Jln. Trans Seba – Mesara, Km 07 Raedewa Email : smkn2.sabar@gmail.com

Peserta Prakerin PT,Ariston Kupang Optima

Kata Pengantar

Segala  puji  syukur  penulis  panjatkan  kehadirat Tuhan  atas  terselenggaranya program Praktek Kerja Nyata di PT. Ariston Kupang Optima.  Tujuan  penyusunan laporan kegiatan PKL ini untuk memberikan pengalaman dalam bekerja dan dapat menerapkan semua ilmu yang didapatkan di SMK Negeri 2 Sabu Barat yang terus menerus dilaksanakan. Dalam  pelaksanaan  Praktek  Kerja  Lapangan  (PKL) serta dalam  penyusunan  laporan  ini  penulis  menyadari  bahwa  telah  mendapatkan  banyak bantuan  dan  bimbingan  baik  secara  langsung  maupun  tidak  langsung  dari  berbagai pihak terutama para Dudi yang ada di PT. Ariston Kupang Optima, maka untuk itu perkenankan penulis menyampaikan ucapan terimaksih yang sebesar-besarnya.

WATCH US ON YOUTUBE

BAB I PENDAHULUAN

Kegiatan Praktek Kerja lapangan (PKL) diselenggarakan mulai Bulan September sampai dengan Oktober Tahun 2019 melingkupi bidang-bidang sebagai berikut :

  1. Pengenalan Material Konstruksi Jaringan Listrik Tegangan Menengah
  2. Latihan Pemasangan Lampu jalan Tenaga Surya sederhana
  3. Pengerjaan Instalasi Bangunan  Di Lingkup Kantor PT. Ariston
  4. Pengenalan Proses Pembuatan Gambar Jaringan Tegangan Menengah
  5. Pengerjaan Bangunan Resto Ariston
  6. Pelaporan

Pelaksanaan praktek kerja lapangan (PKL) sebagai perwujudan kerja sama antara sekolah sebagai dunia pendidikan dengan dengan dunia usaha / dunia industri (DU/DI) sebagai lembaga swasta yang peduli dengan pendidikan. Upaya ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan, ketrampilan serta pengalaman para siswa sekolah menengah kejuruan (SMK). Prakerin juga  sebagai wujud pencapaian tujuan pendidikan yaitu relevansi keterampilan siswa dengan tuntutan kebutuhan dunia kerja. Hasil yang di harapkan dari kegiatan prakerin yaitu pemantapan keahlian professional siswa yang meliputi kemampuan bekerja, motivasi, inisiatif, kualitas kerja, disiplin kerja.

Sejarah Berdirinya PT. Ariston Kupang Optima

Perusahaan berdiri tahun 1972 di Kota Kupang bernama CV. Ariston yang didirikan oleh Alm. Gabriel Odja dan memulai usaha pemasangan instalasi listrik daya satu fasa di lingkup PT. PLN (Persero) Wilayah NTT. Seiring perkembangan waktu CV Ariston terus melebarkan sayap perusahaan merambah pekerjaan Jaringan Tegangan Menengah, Jaringan Tegangan Rendah, Pembangunan Gardu dan Instalasi Daya besar sampai dengan 3 Mega. Perusahaan pada tahun 2017 resmi berubah menjadi berbadan usaha Perseroan Terbatas (PT) dengan nama PT.Ariston Kupang optima sampai saat ini.

Proyek yang telah diselesaikan antara lain: Terhitung Mulai 2011

Pembangunan  jaringan Distribusi dan Gardu Di desa Mio Kecamatan Amanuban Selatan Kabupaten Timor Tengah Selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur

Pembangunan Jaringan Distribusi dan Gardu Desa Kesetnana Kec.Molo Selatan,Desa Hane Kec.Batu Putih Provinsi Nusa Tenggara Timur

Pembangunan Jaringan Distribusi dan Gardu Desa Tanjung Bastian Kec.Wini dan Desa Maubeli Kec.Kota Kefamenanu Provinsi Nusa Tenggara Timur

Pembangunan Jaringan Distribusi dan Gardu Desa Oebelo I dan II Kec.Kupang Tengah Desa Naioni Kec.Alak dan Desa Manulai II Kec.Kupang Barat

Perluasan Jaringan Tegangan Rendah  LVTC untuk melayani pasang baru LKM Pansimas Baumata di lokasi gardu KT.33 D9 Desa Baumata Timur.

Perluasan  JTM 3 X  70 mm, Pemasangan Gardu Distribusi 20 KV 100 KVA dan Penyambungan Pelanggan Baru di Desa Nasipanaf

Perluasan JTR LVTC 3 X 35 + 1 X 25 mm dan penyambungan pelanggan baru di Gardu KR.08 kampung Bebek Desa Pukdale

Pengadaan dan Pemasangan JTR LVTC 3 X 35 + 1 X 25 mm2 dan Pemasangan Gardu sisipan 50 KVA untuk melayani pasang baru di lokasi Desa Ledeana sub-rtg.Seba rtg.Oesao

Pembangunan Lampu Jalan di Kota Atambua

Pembangunan Jaringan dan Gardu Distribusi di Desa Banain A,B,C Kecamatan Bikomi Utara dan Kelurahan Naen Kecamatan Kota Kefamenanu Provinsi Nusa Tenggara Timur

Pembangunan Jaringan dan Gardu Distribusi di Desa  Ngalu Roga Kecamatan Ndona. Kabupaten Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur

Dan terus berkesinambungan ikut turut serta dalam pembangunan kelistrikan di Indonesia khususnya di Nusa Tenggara Timur.

PT. Ariston memiliki perwakilan-perwakilan dan termasuk salah satunya di kabupaten Alor tempat kami melakukan praktek kerja lapangan.

Berikut adalah struktur organisasi PT. Ariston Kupang Optima :

Komisaris

Ketut Rudi Utama

Hendrikus Beribe

I

I

I

Direktur Utama

Ketut Rudi Utama

I

I

I

Kepala Administrasi Keu

Hengky Fanggidae

Penanggung Jawab Teknik

Molina Olivia Odja, ST, MT

Adi Manoe

Penanggung Jawab Lapangan

Sugiharto (Kordinator PJT)

Hendrikus Beribe

Yohanis Gomang

Yafet Yeferson Horo (Pjt. Kab. Sumba)

Kordinator Pasang Baru

Agustina Djami

HRD

Hengky Fanggidae

Advisory

Edward Wijaya

Karywan Ahli

Marian Rusli Pissort (SKT JTM, GARDU, JTR, INSTALASI)

Arifin Koanak ((SKT JTM, GARDU, JTR, INSTALASI)

Ketut Rudi Utama ((SKT JTM, GARDU, JTR, INSTALASI)

Gregorius A Wara

Crew Kapal Alor

Ishak Gomang

Hengki Gomang

Karyawan Lapangan Terdiri dari Karyawan Kontrak dan lepas sesuai kebutuhan per project (Leader)

Nomenson Wetangmau

Simon Tubulau

Marthen Manibila

Yanto

Yohanes Tila

Wan Kohiling

BAB II LAPORAN KEGIATAN

Pengerjaan Material Konstruksi Jaringan Listrik Tegangan Menengah

Pengerjaan material konstruksi adalah mengerjakan material cross arm Jaringan Tegangan menengah. Panjang normal cross arm 2.000 mm akan tetapi untuk kebutuhan tertentu dipakai panjang 2.200 mm. ketentuan ini berlaku berdasarkan fungsinya seperti jarak antara tiang atau jarak bentangan dan besarnya sudut belok dalam penarikan konduktor yakni sebagai berikut :

  1. Type A.1 ( Single support on single pole ) 0˚ s/d 30˚.
  2. Type A.2 ( Double support on single pole ) 30˚ s/d 60˚.
  3. Type A.3 ( Double support on single/double pole ) > 60˚, tiang awal dan tiang akhir.
  4. Type B.3 ( Double support on double pole ) untuk bentangan yang panjang.

Dalam kegiatan ini dilakukan pemotongan besi kanal UNP 10, penggunaan mesin plong, penggunaan mesin las.

Tiang listrik ada 3 jenis yakni Tiang beton, Tiang besi, Tiang Kayu akan tetapi tiang kayu sudah tidak digunakan lagi. Tiang yang digunakan memiliki karakteristik masing-masing. Tiang besi mudah didirikan pada daerah yang memiliki akses jalan yang belum memadai atau kondisi geografis yang berbukit atau pegunungan.

Menggambar Jaringan Tegangan Menengah Lokasi yang digambar adalah jaringan tegangan menengah di Jalan gereja Moria Liliba.

GAMBAR JARINGAN TM DAN GARDU SERTA JTR UNDERBUILD
KETERANGAN GAMBAR JARINGAN
ARAH MATA ANGIN

Contoh pada gambar diatas tiang dari gardu Portal menuju kearah pengambilan yakni kearah Utara.

Maka nomor Tiang adalah Nomor gardu + Nomor arah Tiang

LB 01 A1

LB 01 A2

LB 01 A3

Dst………………

Jika Jaringan berbelok arah ke Timur misalkan maka nomor tiang adalah :

LB 01 A3 B1

Dst ……………………….

Jenis – jenis Isolator pada Jaringan Tegangan Menengah (JTM)

1. Isolator Tarik (Keramik atau Polimer)

2. Isolator Tumpu (keramik atau Polimer)

Pengerjaan Lampu jalan Tenaga Surya

Gambar diatas adalah hasil perakitan kami siswa PKL SMK N 2 Sabu Barat. Lampu jalan tenaga surya sederhana untuk halaman rumah sendiri. Bahan-bahan yang digunakan adalah Pipa besi 3 Dim stainless untuk tiang utama, Panel Surya Menangkap Sinar Matahari 50 wp, lampu DC, Kabel instalasi, Box panel, Konstruksi single armature, battery dan Baterry control unit. Semua bahan tersedia di Kota Kupang dijual pada took-toko alat listrik.

Pengerjaan Instalasi Bangunan

Pemeliharaan instalasi di kantor pusat PT. Ariston Kupang Optima di Kupang yakni Pemasangan Pompa Air dan perpipaan, pemasangan kabel instalasi baru pada ruang-ruang kerja, pemasangan MCB dan perbaikan stop kontak, fitting yang rusak.

SINGLE LINE DIAGRAM

Pengerjaan Bangunan Resto di Lokasi kerja PT. Ariston Kupang Optima

Mendapat tugas bekerja di lokasi kerja Kota Kupang meliputi Pembersihan area kerja, pemasangan keramik, pemasangan lantai Parket, Pengecatan Tembok dan seni Art Gravity, Pemasangan Aluminium dan kaca.

Penguasaan alat-alat kerja

Karena project Ariston di Sumba dalam masa istirahat dan di Pulau Alor sedang dalam masa penyelesaian hubungan kerja dengan rekanan Ariston maka akhirnya kami hanya bisa melihat pekerjaan di Kantor Pusat yang berlokasi di jalan Gereja Moria RT25 RW06 kel. Liliba. Pembekalan lainnya adalah pembuatan group WA, Belajar info dari You Tube, artikel listrik di https://jualmateriallistrik.blogspot.com sehingga kami bisa memanfaatkan kemajuan technologi. Nama group WA kami adalah SMK Bisa.. Sebagai pelengkap laporan ini maka kami susun semua permintaan kelengkapan laporan dalam lampiran.

Daftar Lampiran :

  1. Jurnal
  2. Foto Prakerin
WATCH US ON YOUTUBE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.