Weekuri Lake, Another Paradise in Sumba


Indonesia…

Beruntungnya saya dilahirkan di negeri ini, beruntung juga bisa menjelajah sampai ke ujung negeri.

weekuri5

Tahun lalu sekitar bulan Juni ada satu tempat indah yang saya kunjungi, yaitu danau weekuri di Kabupaten Sumba barat daya, Provinsi NTT.  Merupakan salah satu danau paling indah di Indonesia, karena begitu pertama kali melihatnya saya yakin pembaca akan langsung jatuh cinta akan keindahannya.

Berawal dari tergiur melihat display picture BBM teman, akhirnya saya niatkan untuk berkunjung ke Sumba barat daya untuk menyaksikannya langsung. Saat itu saya sedang bertugas di Kabupaten Sumba timur, ibukota di Waingapu. Letak danau Weekuri sendiri berada di desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, kabupaten Sumba barat daya. Dapat memakan waktu sekitar enam jam perjalanan dari Sumba timur.

IMG_1886

Sunrise di Kec. Lewa, Sumba timur

Banyak tempat-tempat dengan pemandangan menarik selama perjalanan. Seperti suasana pagi di Kecamatan Lewa, Sumba timur. Menyusuri padang savana yang luas, desa – desa adat di Kecamatan Kodi, Melintasi kampung nelayan di sepanjang pantai Pero. Sampai kepada tujuan kita yaitu Danau Weekuri.

weekuri2

Menyusuri Savana di desa kalenarogo

weekuri6

Saat matahari bersinar terlihat jelas beningnya air danau weekuri. Pukul 16:00 merupakan waktu yang tepat untuk menikmatinya. So, pastikan dengan tepat, waktu tempuh perjalanan anda.

IMG_1942

Dari atas tebing, kita dapat melihat dengan jelas warna kontras hijau dan birunya air, tebing – tebing karang yang menglilingi serta hutan bakau disamping kanan kirinya, kombinasi yang menarik. Ya, seperti yang saya katakan di awal, kalian pasti bakal jatuh cinta ketika pertama kali melihatnya, bisa dibilang weekuri adalah “love at first sight” saya di sumba ^^.

Oleh : Angga Afrian N

Photo : @angganelar

3 thoughts on “Weekuri Lake, Another Paradise in Sumba

  1. anggaafrian Post author

    Bener banget mas irman..
    siapa lagi kalo bukan kita yang promosikan kekayaan indonesia, masih banyak tempat bagus lainnya yang belum kita explore potensinya..
    Salam hangat dari sumba🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s