Material dan alat proteksi pada rangkaian listrik


Fuse Cut Out (FCO) merupakan sebuah alat pemutus arus listrik yang dipasang pada jaringan distribusi yang merupakan peralatan proteksi yang bekerja apabila terjadi gangguan arus lebih yang mana alat ini akan memutuskan rangkaian listrik yang satu dengan yang lain apabila dilewati arus yang melewati kapasitas kerjanya. Hal ini terjadi dengan cara meleburkan bagian dari komponennya (fuse link) yang telah dirancang khusus dan disesuaikan dengan ukurannya.Dalam hal pemeliharaan maka cut out diputuskan secara sengaja dengan menarik tabung yang berisi fuse link ini sehingga arus tidak terhubung.
Prinsip kerjanya adalah ketika terjadi gangguan arus maka fuse pada cut out akan putus, dan tabung ini akan lepas dari pegangan atas, dan menggantung di udara, sehingga tidak ada arus yang mengalir ke sistem.
cut out keramikGambar Cut Out Keramik
cut out polymer
Gambar Cut Out Polymer
NH atau NT Fuse umumnya dipasang pada Panel Hubung Bagi  trafo atau gardu distribusi  yang berfungsi sebagai pemutus atau pengaman terhadap arus lebih.
NT Fuse
Gambar NT Fuse

Incomer
Incomer bertugas menyambung daya listrik dari sumber listrik masuk kedalam sebuah bus. Switchgear digunakan dalam perangkat switching utama. Perangkat switchgear yang dilengkapi dengan incomer diharapkan terpasang dengan kemampuan untuk menahan arus yang tidak normal untuk durasi tertentu agar memungkinkan perangkat hilir untuk beroperasi. Tetapi juga mampu menjadi penahan nilai maksimum gangguan yang dihasilkan dalam sistem. Oleh sebab itu LV swictchgear harus memiliki perangkat yang sinkron dengan perangkat hilir. Umumnya air circuit braker digunakan sebagai pelindung perangkat. Sirkuit pemutus ini adalah lebih untuk tujuan dan fitur sebagai berikut

i) Kesederhanaan
ii) kinerja yang Efisien
iii) High normal current rating sampai dengan 600 A
iv) High fault withstanding capacity sampai dengan 63 kA

Meskipun air circuit braker membutuhkan waktu untuk terputus, ukuran yang besar, biaya tinggi tapi masih merupakan alat yang paling cocok untuk switchgear tegangan rendah untuk fitur yang disebutkan di atas.

Sub – Incomer

Berikutnya bagian hilir dari panel LV Distribusi adalah sub – incomer. Pada part ini – menarik daya listrik dari bus utama  untuk dialirkan ke feeder bus. Perangkat yang terpasang sebagai bagian dari sub – incomer harus memiliki fitur berikut:
i) Kemampuan untuk mencapai target penggunaan listrik yang ekonomis tanpa mengorbankan alat perlindungan dan keselamatan.
ii) Jumlah inter-locking dibatasi  karena fungsinya adalah membatasi kemampuan jaringan.

ACBs dan unit sekering  umumnya digunakan sebagai sub – incomer bersama dengan molted case circuit breakers (MCCB)..

LT
Foto Switchgear
Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s