Pembangkit Listrik Tenaga Surya


Dengan memanfaatkan TENAGA MATAHARI yang gratis dan melimpah ruah, menghasilkan energi listrik ramah lingkungan & tanpa polusi, untuk kelestarian alam dan kehidupan generasi anak cucu kita. Apa saja yang merupakan hasil pemanfaatan tenaga surya?. Berikut adalah pemanfaatan yang bisa dilakukan:

Solar Home System 50Wp-150Wp untuk Rumah Pedesaan

SHS adalah sistem PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) mandiri, yang menawarkan solusi penyediaan sumber listrik yang praktis dan flexible untuk memenuhi kebutuhan listrik sebuah rumah tangga.

Keuntungan menggunakan Solar Home System:

  1. Instalasi mudah: Dengan menggunakan peralatan sederhana dan tidak memerlukan keahlian khusus.
  2. Pengoperasian mudah: SHS bekerja tanpa bahan bakar, Mudah dipindahkan, dan tidak memerlukan pengoperasian khusus.
  3. Daya tahan lama: Sistem telah terbukti dapat bekerja secara kontinyu dengan baik.
  4. Ramah lingkungan: SHS tidak mengakibatkan polusi dan tidak menghasilkan gelombang elektromagnetik.
  5. Cocok untuk memberikan penerangan tatkala jaringan listrik PLN tidak tersedia.

Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya EKONOMIS dengan menggunakan Lampu LED

PJU Tenaga Surya adalah lampu penerangan jalan yang menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi listriknya. Penerangan Jalan Umum  Tenaga Surya ( PJU-TS ) sangat cocok digunakan untuk jalan-jalan di daerah-daerah yang belum terjangkau oleh listrik PLN dan juga daerah-daerah yang mengalami krisis energi listrik terutama di daerah terpencil. Namun belakangan ini PJU Tenaga Surya juga marak diaplikasikan di daerah perkotaan seperti di kawasan jalan-jalan utama, jalan kawasan perumahan, halte bis, tempat parkir, pompa bensin (SPBU) dsb.

PLTS Komunal untuk Pedesaan 5 kWp -200 kWp

PLTS Sentralisasi / terpusat atau biasa disebut dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Komunal pada dasarnya adalah SHS (Solar Home System) yang di desain berskala besar sebagai alternatif / solusi penyediaan sumber listrik yang praktis dan flexible untuk memenuhi kebutuhan listrik untuk peralatan rumah tangga, penerangan, komputer, dll, terutama pada daerah yang belum terjangkau jaringan listrik PLN mau pun sebagai sumber listrik cadangan/backup bilamana sumber listrik utama (Primari) terganggu.

PLTS Off Grid Individual 250W-3000W

Sistem ini menggunakan solar panel (panel photovoltaic) untuk menghasilkan listrik yang ramah lingkungan dan bebas emisi. Dengan adanya sistem ini akan mengurangi tagihan listrik rumah tangga, dan memberikan nilai tambah pada pemiliknya. Rangkaian sistem ini akan tetap berhubungan dengan jaringan PLN dengan mengoptimalkan pemanfaatan energi dari panel surya untuk menghasilkan energi listrik semaksimal mungkin.

Pompa Air Tenaga Surya

Pompa air tenaga surya memanfaatkan sinar matahari sebagai tenaga penggeraknya. Kelebihan pompa air jenis ini tentu tidak ada lagi biaya energi penggeraknya, tidak direpotkan oleh ketersediaan bahan bakar atau listrik sehingga sangat cocok untuk daerah yang belum terjangkau listrik PLN atau daerah yang sulit diakses. Secara garis besar, pompa air tenaga surya ini terdiri dari panel surya yang menghasilkan arus listrik DC (arus listrik searah) saat kontak dengan sinar matahari dan pompa air DC untuk memompa air. Yang perlu digaris bawahi, pompa air tenaga surya ini harus menggunakan pompa air DC (direct current-arus searah).

Lampu Bagan Ikan / Lampu Celup Bawah Air

Tehnologi untuk memanggil ikan di malam hari menggunakan penerangan mulai dari penerangan tradisional menggunakan obor sampai dengan penggunaan energy listrik. Dengan tenaga surya akhirnya lampu-lampu bawah air ini tetap menyala, hemat energy dan menguntungkan.

Marka dan Rambu Lalu lintas Tenaga Surya

Traffic Sign atau rambu lalu lintas untuk jalan raya di Australia saat ini sedang mencoba menggunakan rambu jalan E Ink bertenaga surya. Display dengan E Ink digunakan untuk mendapatkan hasil gambar yang lebih baik dan lebih cerak sehingga mudah terlihat dalam segala kondisi, dan display E Ink membutuhkan konsumsi daya listrik yang rendah. Selain itu, rambu lalu lintas dengan display E Ink diklaim lebih tahan lama.

Mobil Tenaga Surya

Surabaya (ANTARA News) – Mobil tenaga surya buatan tim Institut Teknologi Sepuluh November Solar Car Racing Team yang dinamakan Widya Wahana V siap mengikuti kompetisi di Australia, 18-25 Oktober 2015. “Sebelumnya pada 17 Agustus 2015, WW 5 telah melakukan Tour de Java Bali dengan pitstop di beberapa kota besar yang dilalui seperti Jakarta yang menjadi start, Semarang, Banyuwangi, dan Denpasar sebagai finish, dari situlah ada proses pembelajaran dari mahasiswa untuk membuat WW 5 ini,” kata dosen pembimbing tim ITS Solar Car Racing Team Nur Yuniarto seusai launching mobil WW 5, Senin.

TV, Kulkas, Refrigrator, dan Home Appliances Tenaga Surya

Komponent inti dalam tenaga surya adalah :

Panel Surya

Baterai

Solar Charge Controller

Inverter Off Grid

Inverter On Grid

Lampu LED

Komponen Proteksi

Komponen Pendukung Lainnya

Namun PLTS masih memiliki harga yang relatif mahal sehingga energy matahari masih memiliki harga yang mahal meski matahari tersebut tersedia gratis di seluruh dunia.

 

 

(Dari berbagai Sumber)

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s