Dirgahayu Republik Indonesia


Setiap tahun pada tanggal 17 Agustus, rakyat Indonesia merayakan Hari Proklamasi Kemerdekaan ini dengan meriah. Mulai dari lomba panjat pinang, lomba makan kerupuk, sampai upacara militer di Istana Merdeka, seluruh bagian dari masyarakat ikut berpartisipasi dengan cara masing-masing. Perlombaan yang seringkali menghiasi dan meramaikan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI diadakan di kampung-kampung/ pedesaan diikuti oleh warga setempat dan dikoordinir oleh pengurus kampung/ pemuda desa.

17 agustus 2014 4

Negeri kita akan memperingati hari kemerdekaan yang ke 66. Pengertian kemerdekaan secara harfiah adalah kebebasan, sedangkan peringatan hari kemerdekaan suatu negara diartikan sebagai peringatan hari dimana suatu negeri bebas dari segala bentuk penjajahan bangsa asing. Bebas membangun negerinya tanpa campur tangan dari bangsa lain

17 agustus 2014 5

kemerdekaan adalah merupakan awal terwujudnya mimpi membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk kesejahteraan rakyat. Menjaga keamanan seluruh warga dalam lindungan Allah SWT dan sistem hukum yang adil dan kokoh.Yang lebih penting lagi adalah keseriusan serta keberanian dalam menempuh jalan pembangunan yang akan berdampak luas dan positif bagi bangsa Indonesia.

 

17 agustus 2014 7

Meskipun usia bangsa Indonesia semakin bertambah, terutama di usia ke  66 tahun ini, bangsa Indonesia masih harus banyak berjuang keras. Untuk itu, seharusnya generasi muda tidak boleh hanya berdiam diri, apalagi melihat kondisi di Indonesia yang semakin memprihatinkan. Untuk itu, kita sebagai warga Negara Indonesia, dalam peringatan hari kemerdekaan Ri ke 66 ini sudah saatnya ikut berperan dalam segala ruang, termasuk politik, keamanan, pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan, demi memperbaiki kondisi Negara Indonesia tercinta. Maka
kita pun bisa melakukannya jauh lebih baik, walaupun mungkin tidak sekarang, mungkin di masa depan.

17 agustus 2014 2

Rakyat Indonesia sangatlah menjunjung tinggi arti kata kemerdekaan yang patut kita peringati setiap tahunnya karena itu sebagai bentuk rasa bersyukur atas segala yang kita nikmati saat ini. Kalau sedikit kita mengingat masa lalu dimana para pejuang berani mempertaruhkan nyawanya hanya untuk membela negara Indonesia agar terbebas dari segala penjajahan. Keterpurukan Indonesia saat itu sangatlah memprihatinkan, atau sekilas kita melihat film dilayar televisi yang diulang kembali sekedar mengingatkan kepada masayarakat Indonesia tentang para pejuang yang tengah membela bangsa itu tidaklah mudah.

17 agustus 2014 3

Sebagai warga negara yang baik, melalui hari kemerdekaan ini harus melakukan kewajiban sebagai warga negara seperti taat peraturan, taat membayar pajak, menjaga fasilitas negara, memiliki nasionalisme yang tinggi dan masih banyak lagi. Para warga negara yang duduk di pemerintahan hendaknya terus bekerja demi kepentingan orang banyak. Saya bangga menjadi anak Indonesia..dulu pada saat Elias Pical bertinju dari sabang sampai merauke mengumandangkan dan meneriakan kata INDONESIA..

Ditambah lagi pemuda harapan bangsa jangan menghancurkan harapan itu sendiri karena terhasut akan segala tindakan yang tidak sesuai dengan norma dan susila. Bom – bom yang meledak yang dilakukan anak bangsa yang sama sekali tidak tahu apa yang sebenarnya mereka lakukan hanya mengikuti perintah yang sama sekali tidak bertanggung jawab yang menghancurkan karakteristik bangsa Indonesia dimata dunia.

 

17 agustus 2014 6

“Tanah airku..tidak kulupakan kan terkenang sepanjang hidupku…biarpun kini pergi jauh..tak kan hilang pribadiku.. tanah ku yang kucintai..engkau kuhargai…Dirgahayu HUT RI Ke 69…. Jalesveva Jayamahe….!!

 

 

Article And Photo : Ketut Rudi Utama

Dalam Rangka Memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia  tanggal 17 Agustus  2014.

17 agustus 1945

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s