Pekerja Yang Baik Menghasilkan Pembangunan Yang Tepat Waktu


Analisis Beban Kerja adalah suatu teknik untuk menentukan jumlah dan jenis pekerjaan  suatu unit organisasi yang dilakukan secara sistematis menggunakan teknik analisis jabatan dengan memperhatikan, atau teknik manajemen lainnya. Uraian Tugas adalah suatu paparan atau bentangan atas semua tugas jabatan yang dilakukan pemegang jabatan. Beban Kerja (BK) adalah sejumlah target pekerjaan atau target hasil yang harus dicapai dalam satu satuan waktu tertentu.

ELEMEN-ELEMEN DALAM ANALISIS BEBAN
KERJA
1. Beban Kerja
2. Hari Kerja Efektif
3. Jam Kerja Formal
4. Waktu Luang
5. Jam Kerja Efektif
6. Standar Waktu Penyelesaian
7. Standar Efektifitas Jabatan

DSC_000332

Langkah pertama yang dilakukan dalam analisis beban kerja adalah identifikasi beban kerja. Identifikasi beban kerja dilakukan dengan menggunakan beberapa pendekatan terhadap tugas, yaitu:
1. Pendekatan Hasil Kerja
2. Pendekatan Objek Kerja
3. Pendekatan Proses Kerja

Dalam Keputusan Presiden Nomor 68 tahun 1995, ditetapkan bahwa hari kerja formal adalah 5 hari kerja dan 6 hari kerja. Perhitungan Hari Kerja Efektif adalah sebagai berikut:
◦ Untuk 5 hari kerja, total hari dalam 1 tahun = 235 hari
◦ Untuk 6 hari kerja, total hari dalam 1 tahun = 287 hari

Penetapan Jam Kerja Formal dapat mengacu pada Keputusan Presiden Nomor 68 tahun 1995 yang menyatakan bahwa Jam Kerja Formal Pegawai Negeri Sipil adalah 37,5 jam untuk setiap minggunya.

Standar Waktu Penyelesaian (SWP) dapat diperoleh dari dokumen standard operating procedure (SOP), kontrak kerja, perintah kerja dan atau pedoman kerja sejenis. Standar Waktu Penyelesaian (SWP) juga dapat diolah dari rata-ratawaktu dari seluruh pegawai yang menghasilkan produk atau melaksanakan tahapan proses yang sama.

DSC_000336

PEMANFAATAN HASIL ANALISIS

Terhadap Perencanaan Pegawai
1. Perhitungan Formasi
2. Kebutuhan akan Pemutakhiran Spesifikasi Jabatan
Terhadap Distribusi Pegawai
1. Optimalisasi Peta Kekuatan Pegawai
2. Sinkronisasi Spesifikasi Jabatan dengan Kualifikasi/Kompetensi Pegawai
Terhadap Pengembangan Pegawai
1. Sebagai salah satu dasar untuk menentukan Tunjangan Jabatan
2. Sebagai salah satu dasar dalam penentuan kebutuhan diklat (Training Need Analysis)

DSC_000343

Hal -hal yang perlu dilakukan jika terjadi kondisi OVERLOAD (Kelebihan Beban Kerja) :

  • Dari segi perencanaan ada beberapa kemungkinan: 1) jabatan dipecah; 2) uraian tugas dalam jabatan tersebut dikurangi (diberikan pada jabatan yang lain yang sejenis) sehingga efektif dikerjakan oleh satu orang pegawai. Jika uraian tugas dalam jabatan telah sesuai/cukup untuk satu orang pegawaian maka dalam penyusunan kebutuhan pegawai/formasi muncul satu formasi jabatan
  • Dari segi kebijakan distribusi ada beberapa kemungkinan yang dapat dilakukan: 1) penambahan pemangku jabatan sesuai dengan hasil perhitungan; 2) distribusi uraian tugas dari yang overload ke yang masih inload.
  • Dari segi pengembangan, pemberian tunjangan harus diberikan lebih besar sesuai dengan besarnya persentase kelebihan beban kerja dibanding dengan yang inload.

DSCN0651

Hal -hal yang perlu dilakukan jika terjadi kondisi UNDERLOAD ( Beban Kerja Kurang) :

  • Dari segi perencanaan ada beberapa kemungkinan yang dapat dilakukan: 1) jabatan digabung/dihapus; 2) uraian tugas dalam jabatan tersebut diperluas (enrichment) sehingga efektif dikerjakan oleh satu orang pegawai. Jika uraian tugas dalam jabatan telah sesuai/cukup untuk satu orang pegawaian maka dalam penyusunan kebutuhan pegawai/formasi muncul satu formasi jabatan.
  • Dari segi kebijakan distribusi yang dilakukan ada beberapa kemungkinan: 1) apakah dari sisi kemampuan pemangku jabatan, sebaiknya ybs didistribusi ke jabatan lain lain yang inload, atau; 2) pemangku jabatan sesuai dengan kemampuannya tetap pada jabatan tersebut dan dilakukan penambahanuraian tugas sehingga inload dan efektif untuk dikerjakan oleh satu orang pegawai.
  • Dari segi kebijakan pengembangan (misal: kesejahteraan) ada beberapa kemungkinan yang dapat dilakukan a.l. tunjangan diberikan lebih kecil sesuai persentasi dengan yang inload.

Jadilah Pekerja Yang Baik demi Negara.

Oleh : Ketut Rudi Utama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s