Kerjasama Operasi Sebuah Upaya Percepatan Pembangunan


       KSO (Kerjasama Operasi)  adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih dimana masing-masing sepakat untuk melakukan suatu usaha bersama dengan menggunakan aset dan atau hak usaha yang dimiliki dan secara bersama menanggung risiko usaha tersebut.
PENGENDALIAN BERSAMA OPERASI (PBO)
PENGENDALIAN BERSAMA ASET (PBA)
Pemanfaatan aset dan sumber daya lainnya dari para venturer dan tidak memerlukan pembentukan suatu PT, firma, atau badan usaha lain atau pengelolaan keuangan yang terlepas dari venturer. Masing-masing venturer menggunakan aktiva tetapnya. Perjanjian biasanya mengatur cara pembagian pendapatan dan beban bersama.

lelly jeane 1

Para venturer melakukan pengendalian bersama dan kepemilikan bersama atas aset yang diserahkan oleh venturer, atau dibeli untuk kegiatan joint venture. Aset tersebut digunakan untuk menghasilkan keuntungan bagi para venturer. Masing-masing venturer dapat mengambil bagiannya atas output yang dihasilkan oleh aset tersebut, berikut bagian atas beban yg terjadi.

Berdasarkan Pasal 3 Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2012 diatur bahwa Bentuk kerja sama operasi merupakan bagian dari bentuk badan lainnya sebagaimana dimaksud dalam pengertian Badan dalam Pasal 1 angka 13 Undang-Undang Pajak Pertambahan Nilai.Sebagaimana kita ketahui Badan adalah sekumpulan orang dan/ atau modal yang merupakan kesatuan baik yang melakukan usaha maupun yang tidak melakukan usaha yang meliputi perseroan terbatas, perseroan komanditer, perseroan lainnya, badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah dengan nama dan dalam bentuk apapun, firma, kongsi, koperasi, dana pensiun, persekutuan, perkumpulan, yayasan, organisasi massa, organisasi sosial politik, atau organisasi lainnya, lembaga dan bentuk badan lainnya termasuk kontrak investasi kolektif dan Bentuk Usaha Tetap. Bentuk kerja sama operasi wajib melaporkan usahanya untuk dikukuhkan sebagai PKP dalam hal melakukan penyerahan Barang Kena Pajak dan/atau Jasa Kena Pajak atas nama bentuk kerja sama operasi.

Contoh bentuk kerja sama operasi (joint operation) yang wajib untuk dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak:
PT ABC dan PT DEF membuat perjanjian kerja dengan pelanggan (pemilik proyek). Untuk melaksanakan proyek tersebut, PT ABC dan PT DEF membentuk joint operation. Dalam perjanjian kerja dengan pelanggan (pemilik proyek) diatur bahwa semua transaksi penyerahan Barang Kena Pajak dan/atau Jasa Kena Pajak kepada pelanggan (pemilik proyek) dilakukan atas nama joint operation.
Berdasarkan hal di atas:
a.
joint operation wajib dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak;
b.
atas penyerahan Barang Kena Pajak dan/atau Jasa Kena Pajak kepada pelanggan (pemilik proyek), joint operation wajib menerbitkan Faktur Pajak;
c.
apabila dalam rangka joint operation tersebut, PT ABC atau PT DEF atas nama joint operation melakukan penyerahan langsung kepada pelanggan (pemilik proyek), maka penyerahan tersebut dianggap sebagai penyerahan dari PT ABC atau PT DEF kepada joint operation, sehingga PT ABC atau PT DEF harus membuat Faktur Pajak kepada joint operation dan joint operation membuat Faktur Pajak kepada pelanggan (pemilik proyek).
Contoh bentuk kerja sama operasi (joint operation) yang tidak wajib untuk dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak:
PT X dan PT Y membuat perjanjian kerja sama dengan pelanggan (pemilik proyek). Untuk melaksanakan proyek tersebut, PT X dan PT Y membentuk joint operation. Namun demikian, dalam pelaksanaannya semua transaksi dan dokumentasi terkait dengan perjanjian kerja sama dengan pelanggan (pemilik proyek) tersebut secara nyata hanya dilakukan atas nama PT X.

Karena joint operation secara nyata tidak melakukan penyerahan Barang Kena Pajak dan/atau Jasa Kena Pajak kepada pihak lain, maka dalam hal ini joint operation tidak wajib dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak.

lelly jeane

Ibarat memikul sebuah ember, jika dipikul dengan banyak orang maka akan terasa ringan. Akan tetapi dalam kerjasama operasi pihak-pihak yang bekerjasama sudah pasti saling memilih atau memiliki kriteria tertentu agar dapat bekerjasama secara baik dan benar. Salah satunya adalah komitmen dan win win solution.

Dalam proses rencana kerja antara dua perusahaan atau lebih , ada 2 hal penting yang harus dipersiapkan, di antaranya:

  1. Proses Administrasi
  2. Proses Teknis

Saat ini akan dibahas mengenai proses administrasi. Proses administrasi adalah tahapan pertama dalam proses rencana kerja. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Surat penawaran,
  • Revisi surat penawaran,
  • Surat perintah kerja/surat kontrak kerja sama,
  • Perjanjian kerahasiaan informasi,
  • Berita acara serah terima pekerjaan,
  • Berita acara penyelesaian pekerjaan.

Proses teknis merupakan tahapan kedua. Tahapannya adalah sebagai berikut:

  • Proposal penawaran,
  • Materi presentasi,
  • Jadwal,
  • Materi kick off meeting,
  • Draf laporan,
  • Laporan final.

Pada setiap kegiatan bisnis, seorang pengusaha memiliki keinginan untuk melakukan investasi pada usaha yang menguntungkan dengan risiko yang kecil. Akan tetapi, terkadang seorang pengusaha yang memiliki peluang investasi tidak memiliki dana yang cukup untuk melakukan bisnis tersebut. Cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengajak mitra usaha membentuk kerja sama operasi (KSO). Pembangunan dapat berjalan lebih cepat dengan beban kerja yang ringan. Ayo bersama-sama membangun.

Semoga Bermanfaat

 

Artikel : Dari berbagai Sumber (oleh Ketut Rudi)

Foto Oleh : Lelly Jeane

 

PASANG IKLAN

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s