Contoh Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya


UPAYA PENINGKATAN RASIO ELEKTRIFIKASI MELALUI PROGRAM PENGEMBANGAN POTENSI ENERGI TERBARU DAN TERBARUKAN KEMENTRIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL DINAS PERTAMBANGAN DAN ENERGI KABUPATEN SUMBA TIMUR TAHUN 2013

Sumba  adalah salah satu pulau yang terletak propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Secara geografis pulau ini terletak paling barat dari gugus kepulauan di NTT dan berbatasan langsung dengan Samudra Pasifik di sebelah selatan Pulau ini.

IMG_3669Foto Pantai Watuparunu Sumba Timur

Pulau sumba, memiliki banyak alam dengan panorama yang cukup indah. Disamping itu, juga memiliki keanekaragaman budaya dan adat istiadat salah satunya adalah Rumah adat sumba, kubur batu dan Tarian Pasolanya.

IMG_3803Foto Tempat pemahat Batu Kubur desa Praibokul kecamatan Tanarara Sumba Timur

Mata pencaharian penduduk di Sumba yaitu kebanyakan berladang, beternak, pedagang dan Nelayan. Hampir di seluruh pelosok dapat dijumpai hamparan peternakan. Kuda, sapi dan kerbau adalah icon pulau ini dan hampir dapat dijumpai di seluruh pelosok pulau.

IMG_3696Foto Hamparan Lahan dengan ternak Kerbau di Desa Pamburu Sumba Timur.

IMG_3715Foto Hamparan Lahan dengan ternak Kuda Warga di Desa Lewila Sumba Timur

Pulau Sumba terdiri dari empat kabupaten yaitu terdiri dari Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Sumba Tengah, Kabupaten Sumba Barat dan Kabupaten Sumba Barat Daya. Sumba Timur adalah salah satu kabupaten dengan luas wilayah terbesar di Pulau Sumba. Ibu kota Kabupaten adalah Waingapu yang mana sekaligus sebagai pintu masuk ke pulau Sumba baik melalui Udara, ataupun laut selain bandar udara di Sumba Barat Daya dan pelabuhan laut di Waikelo Sumba Barat Daya. Pulau Sumba dengan keunikan topografinya dan hamparan lapangan Sabana dan stepa serta bukit-bukit berbatu dan jarak antara rumah rumah warga yang  berjauhan dibatasi oleh lahan lahan yang sangat luas maka diperlukan pembangunan sarana dan prasarana yang mencukupi untuk dapat berkembang lebih dan dapat lebih digali potensi yang ada di Pulau ini. Salah satu pembangunan tersebut adalah fasilitas pemanfaatan sumber air, Jalan dan Listrik. Masih banyak dusun tertinggal yang mana dapat dijumpai rumah-rumah yang belum dapat dijangkau dan memiliki akses yang sangat sulit terhadap listrik.  Meskipun dapat dijangkau, akantetapi membutuhkan dana yang cukup tinggi akan pembangunan tersebut.

Pulau Sumba terpilih menjadi pulau percontohan atau yang disebut dengan pulau iconis yaitu percontohan nasional dan internasional untuk pengembangan serta pemanfaatan energy terbaru dan terbarukan seperti energy matahari (solar Energy), Energy air dan mikrohydro (Water treatment Energy), Energy gas yang bersumber dari limbah mahluk hidup (Biogasses), energy angin (wind energy). Semakin langkanya ketersediaan cadangan energy endapan atau energy fosil atau yang dikenal dengan istilah energy konvensional baik secara regional, nasional dan internasional sehingga melatarbelakangi usaha-usaha baik dari dunia, pemerintah pusat ataupun perangkat daerah untuk mengembangkan pemanfaatan energy yang tersedia di pulau Sumba ini demi peningkatan rasio pemerataan pembangunan termasuk didalamnya peningkatan rasio elektrifikasi.

Sebagai salah satu contoh yang dilakukan oleh Pemerintah daerah Kabupaten Sumba Timur melalui program Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral Dinas Pertambangan Dan Energi Kabupaten Sumba Timur melalui kegiatan Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya bidang Kelistrikan seksi Pengkajian Potensi Kelistrikan Dan Sumber Daya Mineral telah menjalankan sebuah program Pengembangan Potensi Energi terbaru dan terbarukan.

IMG_3926Foto Bapak D Lalupanda selaku Kepala Dinas Pertambangan Dan Energi Kabupaten Sumba Timur pada saat kunjungan serah terima pekerjaan pemasangan PLTS tersebar di Kabupaten Sumba Timur.

Tahun 2013 ini telah dilakukan kegiatan pembangunan pembangkit listrik tenaga surya baik secara terpusat maupun tersebar di delapan kecamatan di Sumba Timur sesuai dengan kondisi daerah tersebut sehingga mampu menerangi Sepuluh desa tertinggal yang mana desa-desa tersebut tidak memiliki akses listrik dengan pembangkit listrik tenaga diesel milik Perusahaan Listrik Negara. Pelaksanaan program ini diawali dengan kegiatan Survey dan Pemetaan lokasi desa dan masyarakat penerima dengan bekerjasama dengan aparat desa yang dilanjutkan dengan pemilihan spek material yang terbaru dan teruji menurut Standar Nasional Indonesia. Hal ini dilakukan agar kegiatan pembangunan yang akan dilakukan tepat guna dan tepat sasaran serta merata di semua desa sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan oleh Negara. Untuk menunjang pelaksanaan telah dipilih pekerja-pekerja sebagai rekanan yang handal dibidangnya serta memiliki kemampuan transportasi yang handal mengingat medan untuk mencapai daerah sasaran cukup rumit dan hampir tidak memiliki akses jalan.

Untuk memastikan kegiatan pembangunan telah selesai dilaksanakan sesuai dengan apa yang diharapkan, maka Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Sumba Timur telah dilengkapi dengan perangkat fungsional yang diangkat dan ditetapkan dengan SK Bupati sebagai Pejabat Pembuat Komitmen dan Panitia Pemeriksa Hasil Kegiatan.

IMG_3791Foto Bapak Melkianus Balelay Kepala Seksi Pengkajian Potensi Kelistrikan Dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Sumba Timur pada saat pengawasan dan pengecekan hasil kerja pemasangan PLTS tersebar di desa Tanarara Sumba Timur.

Panitia pemeriksa hasil pekerjaan terdiri dari lima personel dan satu personel berasal dari bagian perlengkapan Sekda Kabupaten Sumba Timur. Kegiatan pengawasan dan pengecekan dilakukan bersama-sama dengan perwakilan rekanan yang bekerja dilokasi pembangunan dan aparat desa yang diwakili oleh kepala Desa langsung dari masing-masing desa penerima bantuan.

IMG_3923Foto Bapak Umbu Tunga Awang, ST Selaku Ketua Panitia Pemeriksa Hasil kegiatan pada saat pemeriksaan material terpasang salah satunya adalah bohlam LED.

Kunjungan pemeriksaan dibarengi dengan sosialisasi penggunaan material yang terpasang. Respon positif dan negatif selalu ada, antara lain respon positif menyebutkan bahwasanya masyarakat sangat terbantu dengan metode PLTS dikarenakan sangat murah dan  tidak ada pengeluaran biaya lagi dari warga penerima sumbangan sepanjang fasilitas ini digunakan dengan baik dan benar dengan hasil yang lebih terang. Respon negatif juga diberikan oleh beberapa kepala desa perihal belum meratanya pemasangan PLTS ini ke semua warga desanya. Ada beberapa alasan yang disampaikan dari Dinas Pertambangan dan Energi kabupaten Sumba Timur yaitu bahwasanya program ini mengikuti program yang telah dicanangkan oleh pusat dan diharapkan budget yang telah dianggarkan mampu disalurkan merata ke seluruh desa yang ada sehingga dibagi rata jumlah rumah per desa. Hal ini tidak akan terjadi menganaktirikan suatu desa di Sumba Timur. Dalam satu desa dapat dijumpai program-program terdahulu seperti beberapa rumah masih dilayani dengan adanya jaringan listrik yang menggunakan genset atau sumbangan-sumbangan terdahulu lainnya dari departemen, instansi atau lembaga lainnya yang tururt berpartisipasi dalam rangka meningkatkan rasio elektrifikasi di Sumba Timur.

IMG_3984Foto Perjalanan Pemeriksaan Pekerjaan Menyebrangi Sungai di desa Kiritana Sumba Timur, (Depan Kiri) Ibu Mince Padji (Depan Kanan) Bapak Umbu Lapu Ngunjunau, ST selaku anggota panitia pemeriksa hasil pekerjaan.

Kegiatan Pembangunan Pembangkit Tenaga Surya secara tersebar sangat efektif diimplementasi pada daerah-daerah seperti di beberapa desa tertinggal yang letaknya tersebar di Kabupaten Sumba Timur yang tergolong susah dijangkau dengan listrik yang menggunakan energi konvensional. Minimal pada malam hari desa-desa tersebut terang sehingga anak-anak sekolah bisa menggnakannya untuk belajar, atau usaha-usaha kecil bisa dapat diperpanjang waktunya sampai pada malam hari. Ya sudah pasti masih banyak PR yang harus diselesaikan baik pemerintah pusat atau daerah didalam meningkatkan kondisi perekonomian dan kesejahteraan masyarakatnya.

PROGRAM :

KEMENTRIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL DINAS PERTAMBANGAN DAN ENERGI KABUPATEN SUMBA TIMUR.

KEGIATAN:

PEMBANGUNAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA BIDANG KELISTRIKAN SEKSI PENGKAJIAN POTENSI KELISTRIKAN DAN SUMBER DAYA MINERAL

NAMA PROGRAM:

PENGEMBANGAN POTENSI ENERGI TERBARU DAN TERBARUKAN MELALUI PEMBANGUNAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA TERPUSAT DAN MENYEBAR

LOKASI KEGIATAN:

MENYEBAR DI DELAPAN KECAMATAN YANG MELIPUTI SEPULUH DESA DI KABUPATEN SUMBA TIMUR.

SASARAN:

PENERANGAN UNTUK RUMAH-RUMAH PENDUDUK TERTINGGAL YANG TIDAK MEMILIKI AKSES LISTRIK (PLTD) DALAM JANGKA WAKTU LAMA.

DOKUMENTASI :

IMG_3714 Foto (Kiri) Bapak Agustinus Karipiwuhi team pemeriksa pekerjaan dari bagian perlengkapan, pada saat pemeriksaan inverter dan batere PLTS tersebar.

Foto-foto pemeriksaan sebagai berikut:

IMG_3697 Foto Panel surya di salah satu rumah warga

IMG_3698Foto Panel Surya di Salah satu rumah warga

IMG_3709Foto Panel surya di salah satu rumah warga

IMG_3710Foto sosialisasi penggunaan di salah satu rumah warga.

IMG_3703Foto pemeriksaan dan pengetesan

IMG_3707Foto bersama Bapak Desa

IMG_3713Foto Pengetesan Lampu Led, Berfungsi dengan baik dan lebih terang.

IMG_3719Foto penandatanganan dokumen serah terima barang

IMG_3721Foto penandatanganan dokumen serah terima barang

IMG_3815Foto pengecekan dengan berjalan kaki menuju ke lokasi pemasangan

IMG_3819Foto pengetesan lampu LED, telah menyala dengan baik

IMG_3830Berfoto bersama di salah satu rumah warga

IMG_3834Perjalanan menuju ke salah satu rumah warga

IMG_3836Perjalanan menuju ke salah satu rumah warga

IMG_3838Perjalanan menuju ke salah satu rumah warga

IMG_3839Perjalanan menuju ke salah satu rumah warga

IMG_3844Lokasi salah satu rumah di desa Waibakul….

Pembangunan ini dirasakan cukup bermanfaat, semua ini terselenggara berkat rahmat Tuhan Yang maha esa dan atas kerjasama pemerintah Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral Dinas Pertambangan dan Energi kabupaten Sumba Timur dengan aparat daerah serta rekanan CV. Ariston Perwakilan Sumba dan Sinar Lombok Teknik.

 

Artikel dan Foto oleh : Ketut Rudi Utama

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s