Ciptakan Suasana Kerja Yang Enak (Edisi Motivasi)


Dalam dunia kerja konstruksi sudah pasti akan menjumpai konflik atau masalah baik dengan karyawan atau dengan lingkungan kerja. Konflik-konflik yang ada sangat mengganggu pikiran dan menguras banyak uang.

konflik1

 

Oleh Sebab itu diharapkan mampu mengenal penyebab-penyebab konflik. Pada edisi ini, saya mau membagi pengalaman mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua. Edisi ini akan mengupas bagaimana caranya menciptakan suasana kerja yang nyaman terutama di lokasi kerja (proyek) yang berada di daerah pedalaman.

1. Ciptakan suasana kerja yang enak dengan penyediaan material yang tepat.

Semakin banyak material tidak tepat dilapangan, maka semakin berat beban kerja karyawan. Dan yang paling penting adalah dengan banyaknya material tidak tepat maka akan menurunkan motivasi kerja. Untuk menghindari hal ini, maka alat-alat kerja dilapangan juga harus banyak untuk memperbaiki kesalahan spek material. Buatlah departemen logistik agar mampu menekan kesalahan spek material.

konflik22. Sediakan Peralatan yang Diperlukan  dengan Tepat.

Peralatan kerja yang tepat, sudah pasti memerlukan tenaga ahli didalamnya yang merencanakan dengan tepat kebutuhan peralatan.

konflik 3

3. Sediakan Bahan Makanan, MCK, Dan Base Camp yang baik.

Biasanya terjadi permainan yang sangat kejam dari pimpinan dan pengawas project dilapangan. Makanan dan Minuman yang disediakan tidak layak dan sangat menggangu operasional.

4. Waktu Off.

Waktu libur di suatu daerah diharapkan mampu digunakan untuk istirahat dan tidak mengganggu ketertiban masyarakat yang dilakukan oleh karyawan.

5. Rapat dan briefing harian.

Rapat dan briefing mutlak harus dilakukan. Manajer lapangan sebagai pelaksana kadang-kadang melupakan hal ini. Ditanyakan dan dicatat untuk dicarikan jalan keluar akan masalah-masalah yang ada.

6. Pencatatan Schedule kerja dan Record material beserta alat yang akurat.

Biasanya material adalah sasaran empuk pencurian baik dari warga sekitar atau dari karyawan sendiri. Hal ini terjadi akibat kurangnya persediaan bahan makanan, hiburan dan kurangnya monitoring.

Saya sendiri masih berfikir dan terus membuat terobosan-terobosan baru, akan tetapi dapat saya simpulkan bahwa “Suasana kerja dapat kita ciptakan, maka ciptakan suasana dilingkungan kerja yang nyaman”.

Semoga bermanfaat

Ketut Rudi

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s