Sebuah Kehidupan


Manusia adalah mahluk tuhan yang paling sempurna. Manusia dengan akal budi kemudian terlahir menjadi manusia yang tidak terlepas dari ikatan sosial serta membutuhkan orang lain dalam hidupnya. Kemudian dalam suatu perkumpulan orang-orang terjadilah suatu kehidupan yang berlangsung dari hari-kehari. Berinteraksi, berkomunikasi, bekerja sama dan sampai menjadi sebuah akar budaya. Didalam perjalanan hidup suatu masyarakat akan terjadi asimilasi budaya dan ada juga disasimilasi yang artinya suatu budaya masyarakat dengan budaya masyarakat yang lainnya dapat membentuk satu budaya baru atau sebaliknya bisa mengakibatkan perselisihan dan peperangan. Persaingan pun akhirnya terlahir diantara manusia-manusia itu. Manusia sebagai mahluk sosial tentunya ingin mendapatkan status sosial yang tinggi atau dihargai oleh orang lainnya. Orang akan menghargai orang lainnya pada era modern ini adalah apabila orang tersebut mampu memberi kehidupan dan penghidupan kepada orang lain, tentunya orang tersebut memiliki harta yang cukup besar.

alorAda informasi yang menyebutkan bahwa di Kota tingkat persaingannya lebih tinggi dari didesa. Dikota orang-orangnya indifidualistis. Tapi sebenarnya sama saja pada jaman modern ini. Persaingan antar manusia tetap ada baik di desa ataupun dikota, cuma dalam wujud yang berbeda.

people cPernahkan kita berfikir, mana yang lebih enak tinggal dikota atau tinggal didesa. Dua lokasi berbeda ini memiliki jenis kehidupan yang berbeda. Mereka saya kira baik yang hidup dikota atau didesa penuh dengan kebahagiaan jika manusia itu mampu memposisikan dirinya. Justru orang atau manusia yang tidak bisa hidup dikota juga tidak bisa hidup di desa dalam artian tidak bahagia adalah sebetulnya merupakan orang-orang yang gagal dalam menjalani kehidupannya.

Manusia dalam kehidupannya tidak pernah lepas akan berdampingan terus dengan alam dan mahluk hidup lainnya. Dalam sebuah rantai makanan alam adalah tempat untuk menunjang kehidupan dan sumber dari makanan untuk semua mahluk hidup.Semakin pesatnya kehidupan manusia kadang memusnahkan alam dan lingkungannya.

gua monyetBahkan ledakan populasi manusia, dapat merubah kehidupan mahluk lainnya. Suatu kehidupan dengan persaingan tinggi yang lebih menjunjung tinggi uang sebagai Prestasi dan kepuasan duniawi.

kampung solorKehidupan manusia sangat mudah untuk kita lihat dalam sebuah potret kehidupan. Manusia dalam kehidupannya bergotong royong membangun ke arah modernisasi. Tehnologi masuk kedesa-desa, banyak pula orang yang tidak mampu mengikuti kehidupan yang baru.

Oleh sebab itu, jangan pernah merubah kehidupan itu. Manusia seharusnya mampu membuat kehidupan yang lebih baik. Bayangkan kalau kehidupan tanpa uang. Kenapa itu tidak mungkin terjadi?……

Article : Ketut Rudi

Ilustrasi diambil dari berbagai sumber

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s