RESULT ORIENTED


Pada era modern seperti sekarang ini, hidup menjadi lebih sulit dengan adanya hal-hal baru, persaingan dan segala hiruk pikuknya perubahan peradaban. Pada kesempatan ini saya mau berbagi bagaimana caranya keluar menjadi orang bahagia dan berhasil melewati kehidupan di era modern ini.

Ada kebanyakan orang yang hidup di era ini tanpa strategy hidup yang baik, karena tidak tahu bagaimana caranya hidup atau memanage dirinya. Saya sendiri sering mengalaminya. Ada juga yang mencari perubahan atau bahkan banyak tertipu karena ingin menjadi kaya. Perlu diingat, dijaman modern ini tidak ada sesuatu yang didapatkan dengan mudah. Banyak yang gagal di multilevel, tertipu di forex; power sindrom pada saat phk, dan lain sebagainya. Saya juga pernah mengalaminya.

Sampai suatu saat saya sadar. Ada satu cara yang bisa saya bagi dan enak dijalankan dimana saja. “Hidup dengan Orientasi Hasil”…ya saya sadar saya tidak pernah berhitung secara matematika. Pada saat malam sebelum tidur, saya mulai mencatat satu hari operasi tubuh saya ini. Hasilnya 100% mengeluarkan uang, baik itu makan minum bersama keluarga, beli bensin, rokok, hiburan, pakai ac dan lain sebagainya. Kalau dihitung dengan pemasukan uang 0%. Tapi ada suatu hari, saya menerima uang hasil kerja saya, sehingga perhitungannya menjadi 80% pemasukan dan 20% pengeluaran.

Hmm…saya mulai tarik kesimpulan bahwa hari per hari tentunya kita ada kebutuhan..tidak mungkin tanpa kebutuhan dan kalau dihubungkan dengan “result oriented” atau orientasi hasil ternyata hari-perhari saya ada catatan pengeluaran dan saya juga ada catatan hasil berupa langkah atau peluang. Sebagai contoh Pengeluaran membelikan susu anak hasilnya anak akan tumbuh sehat hari perharinya, pengeluaran untuk rekreasi nonton mampu menjaga kesehatan saya. Dan jika catatan itu digabung ternyata dalam periode waktu tertentu keluarga saya sehat, saya sehat dan uang masuk dari pekerjaan saya.

Dari cerita diatas, dapat disimpulkan bahwa jika anda sudah menjalani kehidupan dalam kurun waktu tertentu, coba mulai catat hasilnya. Berapa tabungan anda, bagaimana kehidupan anda dan jika baik adanya “teruskan dan kembangkan”, tapi kalau tidak ada hasil perlu “ditinggalkan” cari kehidupan baru.

Mulai sekarang diary saya penuh dengan catatan harian saya. Kuncinya lakukan selalu kegiatan positif. Perlu diingat bahwa “result oriented” orientasi hasil bukan hanya dihitung dengan jumlah uang, akan tetapi kebahagiaan dan kedamaian. Buat definisi kebahagiaan dan kedamaian menurut anda. Ada yang bahagia dengan membawa mobil, mungkin ada yang tidak. Tapi era modern ini siapa sih yang tidak suka mobil..jalan-jalan ke eropa dan yang lainnya?….maka dari itu hitunglah hidup anda mulai besok…Mudah-mudahan berhasil

 

Ketut Rudi Utama

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s