LOGISTIK DALAM MANAJEMEN PROYEK


Definisi:

Logistik merupakan seni dan ilmu mengatur dan mengontrol arus barang, energi, informasi, dan sumber daya lainnya, seperti produk, jasa, dan manusia, dari sumber produksi ke suatu tempat dengan tujuan mengoptimalkan penggunaan modal. Pembangunan akan sulit dilakukan tanpa dukungan bagian logistik. Logistik juga mencakup integrasi informasi, transportasi, inventori, pergudangan, reverse logistics dan pemaketan.

Berdasarkan pengertian di atas, maka misi logistik adalah “mendapatkan barang yang tepat, pada waktu yang tepat, dengan jumlah yang tepat, kondisi yang tepat, dengan biaya yang terjangkau, dengan tetap memberikan kontribusi profit”

Karenanya, logistik selalu berkutat dalam menemukan keseimbangan untuk 2 hal yang amatlah sulit untuk disinergikan, yaitu menekan biaya serendah-rendahnya tetapi tetap menjaga tingkat kualitas  dan kepuasan. Dalam dunia bisnis yang selalu berubah, manajemen logistik yang baik merupakan sebuah keharusan.

IMG_0248Sebagai contoh gambar diatas bahwasanya material yang akan dikirim ke suatu lokasi disortir dan dipisahkan dari gudang utama dan selanjutnya diloading ke atas alat transportasi. Check list hendaknya disiapkan dan dimiliki oleh staf logistik.

IMG_0253IMG_0298

DSCN2770

Aktifitas selanjutnya adalah loading dan trucking. Loading harus diperhatikan bahwa jenis barang yang berat diloading lebih awal. Pemilihan truck disesuaikan dengan ukuran material. Sehingga barang dan kendaraan nantinya aman dalam perjalanan. Secara ekonomis tidak ada space tersisa.

DSCN1109IMG_0252IMG_1057Jika dilakukan pembongkaran dipelabuhan/depo, minta di expedisi agar kontainer ditarik ke depo atau ditaruh diarea terbuka sesuai dengan plan pembongkaran. Sediakan forklift dan alat pendukung lainnya.

2011-08-13 10.53.492011-08-13 10.52.162011-08-13 11.31.09Yang perlu diperhatikan saat loading / muat adalah penyusunan material yang nantinya mudah di unloading / dibongkar di daerah tujuan.

Di lokasi atau base camp dilakukan kembali pengecekan dan disusun berdasarkan jenisnya. Pengambilan material dilakukan dengan formulir pengambilan barang yang ditandatangani oleh pengawas lapangan. Petugas logistik adalah orang-orang yang disiplin dan keras. Material dijaga oleh pihak security dan dibantu pengawasannya oleh masyarakat setempat.

 by Ketut Rudi Utama

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s