Kontainer dan Modifikasi Bak Truck


Pada setiap proyek pembangunan, angkutan material adalah hal yang wajib diketahui dan dimanajemeni dengan baik dan benar. Untuk melakukan suatu project pembangunan di Indonesia yang mana merupakan negara kepulauan, maka tentunya segala moda transportasi untuk mengangkut material digunakan untuk menyelesaikan proyek tersebut. Pada kesempatan ini saya “share” mengenai kontainer atau peti kemas. Kenapa ini penting karena akan memudahkan anda untuk memilih jenis peti kemas dan dapat menekan biaya transportasi. Bayangkan jika barang anda sedikit, petugas logistik anda menyebutkan bahwa kontainer yang digunakan berukuran besar.

Peti kemas (Ingggris: ISO container) adalah peti atau kotak yang memenuhi persyaratan teknis sesuai dengan International Organization for Standardization (ISO) sebagai alat atau perangkat pengangkutan barang yang bisa digunakan diberbagai moda, mulai dari moda jalan dengan truk peti kemas, kereta api dan kapal petikemas laut.

Berat

Berat maksimum peti kemas muatan kering 20 kaki adalah 24,000 kg, dan untuk 40 kaki (termasuk high cube container), adalah 30,480 kg. Sehingga berat muatan bersih/payload yang bisa diangkut adalah 21,800 kg untuk 20 kaki, 26,680 kg untuk 40 kaki.

Ukuran

Ukuran peti kemas standar yang digunakan ditampilkan dalam tabel berikut:

container tabelSalah satu keunggulan angkutan peti kemas adalah intermodalitynya dimana peti kemas bisa diangkut dengan truk peti kemas, kereta api dan kapal petikemas. Hal inilah yang menyebabkan peralihan angkutan barang umum menjadi angkutan barang dengan menggunakan peti kemas yang menonjol dalam beberapa dekade terakhir ini. Hal ini juga terlihat pada pelabuhan-pelabuhan kecil yang sudah menunjukkan trend peralihan ke peti kemas karena alasan keekonomian terutama dalam kaitannya kecepatan bongkar muat dan biaya yang lebih rendah.

Jenis Peti Kemas

Berbagai variasi bentuk peti kemas digunakan untuk barang-barang yang spesifik namun menggunakan ukuran yang standar untuk mempermudah handling dan perpindahan moda angkutan.

Jenis peti kemas / Kontainer

  • Peti kemas barang umum untuk diisi kotak-kotak, karung, drum, palet dls, jenis yang paling banyak digunakan
  • Peti kemas tangki yaitu tangki baja yang dibangun didalam kerangka container digunakan untuk mengangkut Tanki yang didalamnya diisi barang-barang yang berbahaya, misalnya gas, minyak, bahan kimia yang mudah meledak.
  • Peti kemas berventilasi untuk barang organik yang membutuhkan ventilasi
  • Peti kemas Generator
  • Peti kemas berpendingin digunakan untuk mengangkut barang – barang yang memerlukan suhu pendingin, misalnya untuk jenis sayur-sayuran, daging dll.
  • Peti kemas curah, digunakan untuk mengangkut muatan curah, misalnya beras, gandum, dll.
  • Peti kemas yang diperlengkapi dengan isolasi
  • Peti kemas dengan pintu disamping digunakan untuk mengangkut muatan yang ukurannya tidak memungkinkan dimasukan dari pintu belakang Petikemas. Jadi semua sisi Peti kemas harus dibuka. Misalnya alat – alat berat.
  • Collapsible ISO

Jenis peti kemas Tabung gas, tangki, generator biasanya tidak dilengkapi dengan dinding samping, depan belakang dan atas.

TRUCKING

Barang-barang dari pelabuhan ke tempat proyek pembangunan selanjutnya akan melalui fasa angkutan darat “trucking“.  Untuk dipulau-pulau kecil sering dijumpai masalah ukuran jalan yang kecil yang menyebabkan truk tipe tronton tidak bisa melalui jalan tersebut.

Perlu modifikasi Bak pada truk sehingga memudahkan pengangkutan.

Contoh Jenis Bak Besi

bak besibak besi1Contoh Jenis Bak Kayu

bak kayubak kayu1Source : Susie

Semoga bermanfaat

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s