Ijin Mendirikan Bangunan (IMB)


Mengurus IMB memang agak sedikit membingungkan bagi kita yang tidak mengerti tata caranya, apalagi biaya mengurus IMB terkadang harganya gelap atau tidak ada kejelasan biayanya berapa. Hal ini wajar adanya apalagi kita mengurus IMB menggunakan jasa calo, agar tidak ribet walaupun dengan harga yang lumayan besar apalagi dengan anggaran biaya bangun rumah yang cekak. Disini kami berikan sedikit informasi mengenai bagaimana mengurus IMB sendiri, untuk meminimalisir pengeluaran.

Ada 2 tahap, yaitu Planning & IMB

  1. Apabila luas tanah yag kita miliki cuma 200 m2 saja maka kita cukup pergi ke kecamatan saja, tetapi apabila lebih ya harus ke dinas pertanahan dan tata kota. Untuk mengurus di kecamatan, nanti disana diberikan formulir untuk diisi,dengan membawa KTP pemilik rumah, akte jual beli, surat tanah dan bukti pembayaran PBB terbaru.Setelah isi form, kita diminta membayar biaya pengukuran/planing, ambil contoh rumah dengan luas 55m2, akan terkena biaya sekitar 800 ribu.

    Setelah kurang lebih 1 minggu dan orang yang mengukur datang, planning akan keluar, semoga tidak terkena warna planingnya, karena akan kena tambahan biaya lagi. Terkena warna maksudnya 1 kavling yang dibagi 2, jadi surat-suratnya belum terpisah, dll.

  2. Setelah planing jadi, kita membuat gambar IMB sesuai ketentuan (semua tampak, potongan, gambar resapan serta planning lokasi dijadikan 1 lembar kertas A2/A1/A0, tergantung luas bangunan, karena bangunan cuma 5×11 jadi cukup semuanya di dalam kertas ukuran A2, skala 1:100), yaitu luas bangunan 2 lt cuma boleh 60% dari luas tanah yg ada.Ketinggian atap juga ada batas-batas tertentu, tergantung lokasi. Mungkin perlu bolak balik berkali-kali untuk persetujuan gambar, tetapi kalau mau lebih cepat terkadang bisa memberikan tips jasa kepada bagian pengecekannya alakadarnya. Gambar tersebut akhirnya di blue print 8x.

    Nanti berkas-berkas dari bagian planing dibawa ke bagian IMB ini beserta gambar blue print kita. Nah disini akan dihitung biaya yang harus kita bayarkan. Baru akan kita dapatkan papan kuning (IP= Ijin Pendirian yang sudah sama kuatnya dengan IMB) yg sering dilihat di lokasi bangunan yg direnovasi/bangun.

ALur IMB

Langkah yg ditempuh baru sampai sini. kita tinggal menunggu plat kuning nya keluar.

Sumber: Sulvi (member Idea Online)

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s