MESIN PENCETAK UANG


 

Setiap orang menginginkan uang dan setiap orang mengharapkan untuk mendapatkannya secara mudah. Kalau hal tersebut ada di benak anda, berarti anda adalah orang yang SANGAT MALAS. Tidak ada uang jatuh dari langit. bayangkan saja kalau seseorang menang judi atau menang lotre atau yang sejenisnya, mereka itu boleh dikatagorikan beruntung saja. Akan tetapi sipemenang katakanlah lotre ini sudah tentu melakukan usaha yang keras juga.

Orang bodoh, kurang pergaulan, kurang ilmu lah yang paling gampang kena tipu oleh orang-orang yang pintar menipu.

Melalui rubrik ini, saya mau share bahwasannya uang bisa kita dapatkan melalui kerja keras. Salah satunya adalah “ Karyawan anda adalah mesin pencari uang“.

Bagaimana memilih karyawan?

Karyawan itu adalah manusia, yang jabatannya bos pun itu manusia. Jadi artikel ini juga bisa dibaca dan digunakan oleh siapa saja. Manusia atau mesin didalam menghasilkan sesuatu itu disebut dengan istilah asingnya “Human Performance” atau dalam bahasa indonesianya Performa Manusia / Kinerja Manusia.

Kalau digambarkan secara matematika sebagai berikut:

P = f A x M

P = Performance

fA = Fungsi Ability

M = Motivasi

dibaca performance is the function of Ability and Motivation (Performa manusia adalah fungsi kemampuan dan motivasi), sedangkan fungsi Ability (Kemampuan)

fA = f E x fT x f PA

fE = Fungsi Edukasi

fT = Fungsi Training

fPA = Fungsi Professional Activity (Aktifitas Profesional atau pengalaman kerja)

jadi fungsi Ability adalah hasil bentukan latar belakang pendidikan seseorang, training yang pernah diikuti serta aktifitas profesionalnya seperti pengalaman kerja, seminar-seminar yang diikuti, atau berprestasi di lomba-lomba tertentu.

Jadi kalau disuruh memilih seorang tamatan Sarjana Teknik dengan seorang tamatan SD untuk memimpin sebuah proyek kelistrikan, anda memilih yang mana?

Pasti anda jawab sarjana teknik, tapi ada juga yang memilih tamatan SD. Coba gunakan rumusan diatas:

Ternyata yang tamatan SD, dia mempunyai pengalaman kerja 10 tahun di dunia kelistrikan, dan yang sarjana teknik baru saja tamat (fresh graduated).

Tapi jangan berpikir sampai disini, ternyata yang tamatan SD sedang terbelit hutang yang cukup tinggi, sehingga sangat menggangu kehidupannya. Nah faktor inilah yang dinamakan Motivasi. Sangat susah bukan?

Jadi kunci utamanya adalah sejahterakan karyawan anda melalui program jamsostek, atau asuransi, gaji sesuai dengan UMR, dan lakukan training-training internal. Pasti perusahaan anda maju. Harus diingat dwi fungsi dalam memimpin:

1. Pelayanan

2. Mencari profit

Uang pasti akan mengalir terus karena didasari oleh jiwa pelayanan.

Oleh : Ketut Rudi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s