SUSAHNYA PEMBANGUNAN


 

Kadang pembangunan sangat diperlukan di setiap daerah diplosok tanah air. Berikut adalah kendala-kendala yang biasa dihadapi oleh para kontraktor pada saat melakukan pembangunan di suatu daerah baik di perkotaan atau perdesaan :

1. Terbatasnya sarana dan prasarana pendukung mobilisasi Material

Kadang-kadang Pelabuhan dan Jalan tidak ada di pulau-pulau yang akan dibangun, sehingga dalam mobilisasi dilakukan dengan metode seadanya seperti perahu kayu dan tenaga manusia yang mana alat-alat berat untuk bekerja tidak berlaku lagi. Perusahaan Asuransi tidak akan mau menjamin angkutan ini. Penuh resiko memang, tapi kita tempuh dengan keberanian demi pembangunan.

2. Kendala Pembebasan Lahan, Perabasan Pohon-Pohon Produktif dan Masyarakat yang tidak Mendukung

Ya yang satu ini hampir dijumpai disetiap pekerjaan yang dilakukan. Untuk daerah perkotaan paling sering dijumpai masalah pembebasan lahan. Untuk di pedesaan masalah penebangan pohon produktif karena pohon itu menjadi sumber penghasilan pemiliknya. Ada juga jika Pembangunan Melewati hutan lindung akan susah mendapatkan ijin penebangan pohon. Dan yang paling lucu adalah ada sekelompok masyarakat yang menganggap bahwa suatu proyek pasti memiliki untung yang besar sehingga orang-orang ini ingin mendapatkan uang atau sekedar menghambat pekerjaan.

3. Keterbatasan Material

Di Indonesia sudah memperhitungkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri yang mana pemerintah telah membantu melindungi Pabrik-Pabrik Lokal Indonesia untuk dapat tumbuh. Akan tetapi pabrik-pabrik masih terpusat di Pulau Jawa dan Pulau-Pulau tertentu.

4. Keterbatasan SDM

Untuk SDM khususnya yang Ahli dibidangnya jumlahnya sangat terbatas. Perlu disediakan badan-badan pelatihan agar jumlahnya semakin bertambah. Untuk dikelistrikan sebagai contoh APEI (Asosiasi Profesionalis Electrical-Mecanikal Indonesia) telah memberikan pelatihan dan kemudian mensertifikasi pekerja listrik berupa SKA (Sertifikat Keahlian) dan SKT (Sertifikat Ketrampilan).

5. Kesalahan Survey dan Perencanaan

Kesalahan dalam survey dan perencanaan, maka akan timbul kerja tambah atau kerja kurang. Bayangkan kalau ada pekerjaan di daerah plosok, Jika terjadi Kurang Material maka akan menimbulkan masalah.

Mungkin ada banyak kendala-kendala yang lain, akan tetapi pembangunan harus terus berlanjut demi kemajuan bangsa Indonesia. Terima kasih kepada para pekerja yang telah membuat pembangunan tetap berjalan.

Salam

Gambar-gambar

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s