Informasi Umum Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Informasi Umum

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)

Umum

Sebagian besar kebutuhan listrik di catu melalui jaringan distribusi listrik (PLN). Konsumen yang membutuhkan harus berada di dekat jaringan listrik atau jika tidak, maka perlu dibuatkan sambungan tersendiri. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di peruntukkan bagi keperluan di bawah ini:

  1. Mencatu Listrik Rumah Tangga bagi konsumen yang tinggal di wilayah dimana jaringan listrik tidak tersedia: Pedesaan (terpencil), daerah terisolasi, pulau-pulau terpencil dll.
  2. Mencatu Listrik untuk peralatan yang ditempatkan di tempat-tempat terpencil yang dapat bekerja secara otomatis tanpa operator: TV Repeater, Relay Station dll.
  3. Mencatu peralatan (baik di kota maupun di tempat terpencil) yang memerlukan kualitas dan keandalan supply listrik yang tinggi, baik berfungsi sebagai back up maupun sebagai tandem dari listrik jaringan.

PLTS merubah energi surya menjadi listrik, oleh karena itu PLTS tidak memerlukan supply bahan bakar dan dapat bekerja secara otomatis tanpa memerlukan operator. Sejak tahun 1990an, Teknologi PLTS telah banyak dimanfaatkan di Indonesia. Teknologi PLTS terbukti secara teknis dapat diandalkan (technically reliable), layak secara ekonomis (Economically feasible), dan dapat diterima oleh masyarakat pemakai ( socially acceptable). Dengan semakin tingginya harga BBM dan tarif listrik, konsumen di perkotaanpun mulai banyak memanfaatkan PLTS, baik sebagai back up maupun sebagai tandem dengan listrik jaringan.

Di bawah ini adalah aplikasi PLTS yang banyak dimanfaatkan di Indonesia:

  • PLTS untuk infrastruktur pedesaan: SHS (Listrik Pedesaan), TV Umum, Lampu Jalan, Lampu Penerangan dan Sound System Rumah Ibadah dll.
  • Alat Kesehatan: Vaccine Refrigerator, Lampu Bidan dan Penerangan Puskesmas
  • Alat Komunikasi: Telepon Satelit untuk Pedesaan, Navigational Aids (Alat Bantu Navigasi) di Anjungan Minyak Lepas Pantai, BTS, Wireless Microwave LAN dll.
  • Pompa Air: Surface pump, submersible pump.
  • Solar Dryer: Pengering tenaga surya untuk produk pertanian/perkebunan, perikanan dan hasil laut, dan hasil industri kecil.

I

Komponen dan Prinsip Kerja PLTS

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) adalah peralatan pembangkit listrik yang merubah cahaya matahari menjadi listrik. PLTS sering juga disebut Solar Cell, atau Solar Photovoltaic, atau Solar Energy. Orang awam seringkali keliru menganggap Solar Water Heater (Pemanas Air Tenaga Surya) sebagai PLTS. Solar water heater memanfaatkan thermal dari solar energy dan menghasilkan air panas, prinsip yang sama juga diterapkan untuk solar dryer (pengering tenaga surya), sedangkan PLTS memanfaatkan cahaya matahari untuk menghasilkan listrik. DC (direct current), yang dapat diubah menjadi listrik AC (alternating current) apabila diperlukan. Oleh karena itu meskipun cuaca mendung, selama masih terdapat cahaya, maka PLTS tetap dapat menghasilkan listrik. PLTS pada dasarnya adalah pencatu daya (alat yang menyediakan daya), dan dapat dirancang untuk mencatu kebutuhan listrik yang kecil sampai dengan besar, baik secara mandiri, maupun dengan Hybrid (dikombinasikan dengan sumber energy lain, seperti PLTS-genset, PLTS microhydro, PLTS-Angin), baik dengan metoda Desetralisasi (satu rumah satu pembangkit) maupun dengan metoda Sentralisasi (listrik didistribusikan dengan jaringan kabel). PLTS stand alone (mandiri), desentralisasi. PLTS Hybrid dg genset, sentralisasi, untuk mencatu kebutuhan listrik yang kecil dan menyebar untuk mencatu kebutuhan listrik yang besar

Komponen PLTS PLTS terdiri dari tiga komponen utama:

  • Modul Surya; berfungsi merubah cahaya matahari menjadi listrik arus searah (DC), inverter

dapat dengan mudah merubahnya menjadi listrik arus bolak balik (AC) apabila diperlukan. Bentuk moduler dari modul surya memberikan kemudahan pemenuhan kebutuhan listrik untuk berbagai skala kebutuhan. Kebutuhan kecil dapat dicukupi dengan satu modul atau dua modul, dan kebutuhan besar dapat dicatu oleh bahkan ribuan modul surya yang dirangkai menjadi satu. Satu buah modul surya umumnya terdiri dari 36 buah solar cell.

  • Alat Pengatur; berfungsi mengatur lalu lintas listrik dari modul surya ke battery dan beban.

Alat elektronik ini juga memiliki banyak fungsi yang pada dasarnya ditujukan untuk melindungi battery.

  • Baterai / Accu; berfungsi menyimpan arus litrik yang dihasilkan oleh modul surya sebelum

dimanfaatkan untuk menggerakkan beban. Beban dapat berupa lampu penerangan atau peralatan elektronik dan peralatan lainnya yang membutuhkan listrik.

Prinsip Kerja PLTS

Pada siang hari modul surya menerima cahaya matahari yang kemudian diubah menjadi listrik melalui proses fotovoltaik. Listrik yang dihasilkan oleh modul dapat langsung disalurkan ke beban ataupun disimpan dalam baterai sebelum digunakan ke beban: lampu, radio, dll. Pada malam hari, dimana modul surya tidak menghasilkan listrik, beban sepenuhnya dicatu oleh battery. Demikian pula apabila hari mendung, dimana modul surya menghasilkan listrik lebih rendah dibandingkan pada saat matahari benderang. Modul surya dengan kapasitas tertentu dapat menghasilkan jumlah listrik yang berbeda-beda apabila ditempatkan pada daerah yang berlainan.

 

 

Menghitung Kebutuhan PLTS

Sebagian besar orang selalu menanyakan kapasitas PLTS dengan ukuran listrik PLN, seperti 450W, 900 W dan seterusnya. Kapasitas terpasang tersebut dalam PLTS sering disebut sebagai Wp (Watt Peak) yang menunjukkan kapasitas dari modul surya pada saat matahari dalam kondisi terik/puncak. Kapasitas modul surya yang tersedia sangat banyak: 10 Wp, 30 Wp, 40 Wp, 50 Wp, 65 Wp, 70 Wp, 80 Wp, 100 Wp, 125 Wp, 150 Wp, dan 160 Wp. Untuk menghitung berapa PLTS yang dibutuhkan, dapat diikuti tahapan sebagai berikut:

  • Modul surya akan menghasilkan listrik sesuai dengan tingkat radiasi matahari yang diterimanya. Tingkat radiasi ini berbeda dari satu tempat ke lainnya, dipengaruhi oleh letak lokasi dari khatulistiwa (latitude), ketinggian dari permukaan laut (altitude), awan, tingkat polusi, kelembaban, dan suhu. Namun demikian untuk memudahkan, di Indonesia dapat dipakai patokan 1 modul surya kapasitas 50Wp dapat menghasilkan listrik sebesar 150 Wh (Watt hour atau Watt Jam) per hari.
  • Untuk menghitung berapa listrik yang akan diperlukan untuk mengoperasikan peralatan elektronik (Wh), kalikan Watt (AC ataupun DC) peralatan dengan lamanya (Jam) peralatan tersebut akan dipakai setiap hari (kumulatif). Misal, jika 1 buah lampu 10 watt, ingin dinyalakan dalam satu hari kumulatif selama 15 jam, maka akan dibutuhkan listrik sebanyak 10 Watt x 1 buah x 15 Jam = 150 Wh (Watt Jam-Watt Hour). Masukkan peralatan lainnya berikut: Lampu Teras 10watt 1buah 15jam menyala perhari 150Wh (Watt Hour) Lampu Kamar 6watt  3 buah 5jam menyala perhari  90Wh (Watt Hour) Radio/Tape 15watt  2Buah  2Jam menyala perhari 30Wh (Watt Hour) ……………… dst ………. ………. ………. ……….JUMLAH (Wh) 270 Maka akan dibutuhkan PLTS sebesar: 270 Wh ÷ 150 Wh = 1.8 buah, dibulatkan menjadi 2 buah PLTS dengan modul surya @ 50 Wp.

Keunggulan PLTS

Keunggulan-keunggulan PLTS dibandingkan sistem pembangkit listrik lainnya:

  1. Tidak memerlukan bahan bakar, karena menggunakan sumber energi matahari yang dapat diperoleh dimana saja secara cuma-cuma sepanjang tahun, sehingga hampir tidak memerlukan biaya operasi.
  2. Tidak memerlukan konstruksi yang berat dan menetap, sehingga dapat dipasang dimana saja dan dapat dipindahkan bilamana dibutuhkan.
  3. Dapat diterapkan secara sentralisasi (PLTS ditempatkan di suatu area dan listrik yang dihasilkan disalurkan melalui jaringan distribusi ke tempat-tempat yang membutuhkan) maupun desentralisasi (sistem PLTS dipasang pada setiap rumah, dengan demikian tidak diperlukan jaringan distribusi. Sistem ini sangat cocok diterapkan pada wilayah pedesaan dengan pola pemukiman yang menyebar).
  4. Pada pola desentralisasi, gangguan pada satu sistem tidak akan mempengaruhi sistem yang lain dan tidak banyak energi yang terbuang pada jaringan distribusi.
  5. Bersifat moduler; kapasitas listrik yang dihasilkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dengan cara merangkai modul secara seri dan paralel.
  6. Dapat dioperasikan secara otomatis (unattendable) maupun menggunakan operator (attendable).
  1. Ramah lingkungan. Tidak menimbulkan polusi suara maupun polusi asap.
  2. Tidak ada bagian yang bergerak, sehingga hampir tidak memerlukan biaya pemeliharaan. Yang diperlukan hanya membersihkan modul apabila kotor dan menambah air accu (aquades).
  3. Umur pakai (life time) le bih dari 25 tahun

Diwilayah pedesaan dan pulau-pulau terpencil, PLTS merupakan system catu daya listrik yang paling ekonomis dibandingkan pembangkit listrik lainnya. Keunggulan ekonomi PLTS disebabkan oleh tidak dibutuhkannnya suplai bahan bakar dan jaringan distribusi listrik. Semakin terpencil sebuah wilayah, biaya suplai bahan bakar dan pembangunan jaringan distribusi listrik akan semakin mahal.  Dibawah ini adalah beragam paket aplikasi PLTS yang dirancang untuk memenuhi beragam kebutuhan PLTS:

  • Solar Home System untuk Penerangan Rumah

Dirancang untuk memenuhi kebutuhan listrik minimum untuk rumah tangga pedesaan meliputi penerangan, catu daya untuk TV dan radio.

  • TVRO untuk TV Umum

Aplikasi ini digunakan untuk daerah-daerah yang tidak dapat menangkap siaran televise dengan baik (daerah “blank spot”). Dilengkapi dengan parabola TVRO dapat digunakan sebagai TV Umum yang dapat membantu penyebaran informasi & pengetahuan dan memberikan hiburan hingga ke daerah terpencil sekalipun.

  • Lampu Bagang

Lampu Bagang dirancang untuk memecahkan masalah yang dihadapi para nelayan untuk meningkatkan produktifitas. Lampu dapat dinyalakan kapan saja sesuai dengan pola kerja nelayan.

  • Telpon Satelit Pedesaan/Wartel Pedesaan/Base Camp Terpencil

Dirancang dengan menggunakan telepon satelit Pasti yang mudah digunakan oleh masyarakat pedesaan/daerah terpencil dimana saja

  • PLTS untuk Puskesmas Pedesaan ( Vaccine Refrigerator, Lampu Bidan dan Penerangan)

Digunakan untuk mengoperasikan Vaccine storage (alat penyimpan vaksin), Lampu Penerangan untuk Bidan Desa , Puskesmas dan Rumah Dokter

  • Sound System untuk Rumah Ibadah

Pengembangan dari SHS ini disamping memberikan penerangan juga dilengkapi dengan fasilitas sound system yang sangat bermanfaat untuk rumah ibadah. Sehingga aktifitas keagamaan tidak hanya dapat berlangsung siang hari namun juga hingga malam hari.

  • Lampu Jalan/Lampu Lingkungan Pedesaan

Dirancang untuk menerangi fasilitas umum, jalan lingkungan di pedesaan, penerangan di lingkungan wisata alam, penerangan di pelabuhan nelayan tradisional dll.

  • Pompa Air Bersih / Irigasi

Tersedia juga beragam jenis pompa air tenaga surya yang efisien dan tahan lama, merk MONO dari Australia. Produk pompa tenaga surya dapat juga dikombinasikan dengan teknologi irigasi terkini, seperti irigasi splinker dan Irigasi tetes (Drip Irrigation). Tersedia juga pompa AC yang digerakkan dengan listrik PLN atau di couple langsung dengan mesin diesel/bensin.

  • PLTS Rancangan Khusus

PLTS RANCANGAN KHUSUS Navaids (Alat bantu Navigasi),  Telekomunikasi Grid Interractive, Hybrid PV-Genset, PV Back up, Building Integration PV (BIPV)

Daftar Peralatan Untuk Masing-masing Aplikasi PLTS

Solar Home System

Nama Komponen  dan Jumlah:

Modul Surya BP350 1 buah Solar Power Storage (SPS) dengan: Battery NS-70; PWM regulator 6.12; DC Plug

1 set O-Light 6 Watt, 12VDC 3 set Kabel Hub 1 set Module Support 1 set Material Instalasi 1 set

TVRO (Television Receive Only)

Nama Komponen Jumlah:

 Modul Surya BP350 8 buah Solar Power Storage (SPS) dengan: Battery Hybrid 80Ah; PWM regulator 8.12; DC Plug 4 set TV color 20 inch dengan Inverter DC-AC Puresinewave 1 set O-Light 6 Watt, 12VDC 2 set Kabel Modul & Instalasi 1 set Module Support 1 set Material Instalasi 1 set

Vaccine Refrigerator (Lemari Pendingin untuk Vaksin)

Nama Komponen Jumlah

Modul Surya BP350 2 buah Solar Power Storage (SPS) dengan: Battery Hybrid 80Ah; PWM regulator 8.12; DC Plug

1 set Vaccine Refrigerator Type RSM -550, 12VDC, 40 Liter 1 set Kabel Hub 1 set Module Support 1 set Material Instalasi 1 set

Freezer (Lemari Pendingin Pembuat Es)

Nama Komponen Jumlah

Modul Surya BP350 8 buah Solar Power Storage (SPS) dengan: Battery Hybrid 80Ah; PWM regulator 8.12; DC Plug

4 set Freezer Type RSM -750, 12VDC, 60 Liter 1 set Kabel Hub 1 set Module Support 1 set Material Instalasi 1 set

Lampu Bidari ( Untuk Lampu Bidan/Camping/Emergency)

Nama Komponen Jumlah

Modul Surya SX-30 1buah Lampu Bidari dilengkapi dengan lampu PL-7 Watt, Solar Regulator, Dry Battery 4 Ah 1 set

Solar Sound System (S-3) Untuk Rumah Ibadah

Nama Komponen Jumlah

Modul Surya BP350 2 buah Solar Power Storage (SPS) dengan: Battery Hybrid 80Ah; PWM regulator 8.12; DC Plug

1 set O-Light 6 Watt, 12VDC 5 set Sound System indoor & out door 1 set Kabel Hub 1 set Module Support 1 set Material Instalasi 1 set

Sattelite Telephone (Untuk wartel desa/base camp/kantor terpencil)

Nama Komponen Jumlah

Modul Surya BP350 2 buah Solar Power Storage (SPS) dengan: Battery Hybrid 80Ah; PWM regulator 8.12; DC Plug

1 set Telp Sattelite Pasti 1 set Kabel Hub 1 set Module Support 1 set Material Instalasi 1 set

Lampu Jalan/Lingkungan Pedesaan/Lapangan Parkir

Nama Komponen Jumlah

Modul Surya BP350 2 buah Solar regulator SL-10-12 dusk to dawn sensor 1 set Battery Hybrid 70Ah 2 buah Lampu PL-DC 20 W, dg armatur & inverter (bugs resistance) 1 set Panel Electronic dan battery 1 buah Kabel Modul dan Lampu 1 set Octagonal Galvanized Pole, Module Support, and anchor 1 set Material Instalasi 1 set

PERHATIAN

SECARA BERKELANJUTAN PARA PAKAR TERUS MENGEMBANGKAN PRODUK PLTS DAN APLIKASINYA. SPESIFIKASI PERALATAN DAN APLIKASI DAPAT BERUBAH SEWAKTU-WAKTU, SILAHKAN MEMBACA ARTIKEL LAINNYA PRODUK TERKINI.

(Sumber: PT. Aset Surya Mandiri)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,000 other followers

%d bloggers like this: