Cara Mendeteksi Konsleting Pada Instalasi Listrik Rumah Anda


Definisi

Sumber : Wikipedia

Hubungan pendek atau korsleting (dari bahasa Belanda kortsluiting) adalah suatu hubungan dengan tahanan listrik yang sangat kecil, mengakibatkan aliran listrik yang sangat besar dan bila tidak ditangani dapat mengakibatkan ledakan dan kebakaran.

Konsleting bisa saja terjadi di rumah anda. Langkah terbaik adalah memanggil tukang listrik (tentunya yang handal dibidangnya) biasanya terdapat di kontraktor-kontraktor listrik yang tentunya sudah anda catat dalam nomor telpon penting. Akan tetapi berikut adalah cara mendeteksi sendiri sebelum memanggil tukang listrik datang:

1. Matikan MCB / Pemutus Arus pada KWH Meter anda.

2. Matikan MCB / Pemutus Arus pada instalasi listrik Rumah Anda. Matikan semua group yang ada.

3. Matikan semua saklar lampu-lampu yang ada.

4. Cabut semua kontak-kontak yang tertusuk pada stop kontak yang ada.

5. Perhatikan kabel – kabel yang ada secara kasat mata. Pada saat pemasangan instalasi awal, tentu pemilihan kabel sudah ditentukan sesuai dengan persyaratan. Naik ke atas atap gunakan senter periksa apakah ada kabel yang terputus karena gigitan tikus atau yang lainnya yang menyebabkan konslet.Jika kabel ditemukan dalam kondisi sempurna maka lanjutkan langkah selanjutnya.

5. Hidupkan MCB/ Pemutus Arus pada KWH Meter anda, dan jika MCB tetap jatuh maka ada 1 kemungkinan yaitu MCB atau KWH meter anda mengalami kerusakan . Maka telpon PLN (Pelayanan Teknik) 147. Jika tidak jatuh maka ada kerusakan di bagian yang lain. Jika langkah ini sudah dilakukan maka hendaknya jangan melakukan pengecekan kabel atau yang lainnya apalagi disentuh karena arus listrik sudah mengalir sampai MCB instalasi.

6. Hidupkan MCB / Pemutus Arus pada Instalasi Rumah anda. Hidupkan mulai per group. Jika ada salah satu group pada saat dihidupkan terjadi konslet maka MCB KWH meter akan jatuh. Jadi sudah terdeteksi konsleting ada di group yang mana. Bisa Jadi MCB yang rusak pada group instalasi itu yang rusak. Jika semua pada posisi “ON” maka lanjutkan pada tahap berikut.

7. Hidupkan saklar lampu satu persatu, jika MCB jatuh maka terdeteksi ada saklar atau fitting lampu yang rusak. Bisa diinfokan ke tukang listriknya.

8. Tusuk alat-alat yang menggunakan listrik ke stop kontak, dan jika MCB jatuh coba di cabut dan di “ON” kan lagi MCB nya serta ganti dengan alat yang lain. Hal ini bisa membuktikan bahwa bisa saja kerusakan pada stop kontak atau alat yang anda gunakan, seperti kulkasnya yang rusak dan lain sebagainya.

Nah mudah kan mendeteksi kerusakan dan konslet dirumah anda. Yang perlu diingat adalah bahwa listrik adalah hal yang sangat berbahaya. Jangan coba-coba. Dan Yang bisa membuat MCB Jatuh bukan hanya konslet tapi daya yang ada dirumah anda tidak mencukupi dan untuk yang satu ini anda harus melakukan tambah daya.

Semoga bermanfaat

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,139 other followers

%d bloggers like this: